Pada
pembelajaran filosofi Pendidikan, dapat saya simpulkan bahwasanya perkembangan
Pendidikan di Indonesia mulai zaman kolonial sampai saat ini telah mengalami
progress yang positif. Tugas kita sebagai calon pendidik adalah meneruskan
progress tersebut agar tujuan Pendidikan nasional dapat terwujud sehingga bisa
menciptakan generasi penerus bangsa yang bermutu dan mampu besaing di era
globalisasi. Untuk mencapai itu semua pemerintah khususnya dinas Pendidikan
Indonesia telah memfasilitasi pendidik dengan sebuah kurikulum terbaru yang
disebut dengan kurikulum merdeka. Pada kurikulum tersebut terdapat penekanan
bahwasanya untuk mencetak generasi penerus bangsa harus memperhatikan kondisi
dan potensi yang dimiliki siswa tanpa adanya penekanan dalam proses pembelajaran.
Artinya siswa diberi kemerdekaan dalam menentukan pembelajaran sesuai kemampuan
dan potensinya masing-masing. Peran guru pada pembelajaran hanya sebatas
pendorong dan pengarah alur belajar siswa. Dengan begitu siswa bisa mendapatkan
pembelajaran melalui pengalamanya sendiri dan pembelajaran seperti itulah yang
disebut pembelajaran bermakna dan akan terus tertanam dalam diri siswa.
Rabu, 28 Desember 2022
Kesimpulan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kesimpulan
Pada pembelajaran filosofi Pendidikan, dapat saya simpulkan bahwasanya perkembangan Pendidikan di Indonesia mulai zaman kolonial sampai saat...
-
1. Apa praktik Pendidikan saat ini yang ‘membelenggu’ kemerdekaan peserta didik dalam belajar dengan melihat Perjalanan Pendidikan Nasi...
-
Pada pembelajaran filosofi Pendidikan, dapat saya simpulkan bahwasanya perkembangan Pendidikan di Indonesia mulai zaman kolonial sampai saat...
-
ARGUMEN KRITIS T ENTANG GERAKAN TRANSFORMASI KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEBELUM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN Ki H...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar