Rabu, 28 Desember 2022

Praktik Pendidikan saat ini yang ‘membelenggu’ kemerdekaan peserta didik dalam belajar dengan melihat Perjalanan Pendidikan Nasional sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaaan

 

1.  Apa praktik Pendidikan saat ini yang ‘membelenggu’ kemerdekaan peserta didik dalam belajar dengan melihat Perjalanan Pendidikan Nasional sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaaan?

Jawab:

Praktik pendidikan sebelum kemerdekaan hanya diberikan untuk kaum bangsawan, rakyat hanya diberikan pendidikan menulis, membaca, dan menghitung seadanya. Kaum bangsawan yang mendapat pendidikan nantinya akan mengajarkan ilmunya kembali kepada rakyat Hindia Belanda. Pemerintah Hindia Belanda menyediakan sekolah profesi untuk memenuhi kebutuhan yang saat itu memerlukan guru dan dokter. Pendidikan yang didapatkan bangsawan Indonesia semata-mata untuk mencari keuntungan untuk menyukseskan orang Hindia Belanda. Pendidikan yang didapatkan oleh rakyat Indonesia yaitu; pelatihan menjahit, membuat infrakstuktur, dll. Pendidikan cenderung meniru pembelajaran barat yang lebih mengutamakan intelektual bersifat individualism.

Praktik pendidikan sesudah Kemerdekaan semua rakyat Indonesia berhak dan telah mendapatkan pendidikan namun kualitas pendidikan belum merata (masih ada ketimpangan pendidikan di pedalaman dan perkotaan) sarana dan prasarana, fasilitas, akses dan kulitas tenaga pendidik menjadi faktor ketidak meratanya pendidikan. Sekolah profesi sudah banyak di Indonesia, bisa diraih secara bebas oleh rakyat Indonesia. Pendidikan yang didapatkan rakyat Indonesia menjadi bekal untuk menggapai cita-cita atau karir. Pemetaan jurusan di sekolah menengah seperti IPA, IPS, dan Bahasa untuk memetakan minat dan bakat peserta didik. Pendidikan saat ini tak hanya menilai intelektual saja, tetapi membentuk karakter pancasila dan berkebudayaan Indonesia.

Adakah model-model Pendidikan saat ini yang Anda lihat dapat melepaskan ‘belenggu’ yang belum memerdekakan peserta didik?

Menurut pengamatan saya Sudah terlepas dari belenggu karena sudah banyak model model pembelajaran yang bisa membuat peserta didik dapat berkembang sesuai perkembangan zaman dengan dilihat perkembangan kurikulum di Indonesia sangatlah banyak perubahan yang dimana pembelajaran saat ini sudah tidak ada tekanan berbeda dengan zaman dahulu yang dimana sekolah dibatasi pada waktu masa penjajahan. Dengan seiiring perkembangan kurikulum di Indonesia sudah banyak perubahan perubahan yang mengupayakan peserta didik untuk bisa memilih sekolah dan pembelajarannya sesuai minat dan bakatnya. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa banyak model model pembelajaran yang bisa membantu siswa dalam proses belajarnya . Contohnya :

1.  👏Model pembelajaran STEAM yaitu pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong siswa untuk berpikir lebih luas tentang masalah masalah yang terjadi di dunia nyata.

2.  👏Model Environmental Learning yaitu model pembelajaran yang berbasis lingkungan yang dikembangkan agar peserta didik agar memperoleh pengalaman lebih berkaitan dengan lingkungan sekitar.

3.    👏  PBL (Project Based Learning) yaitu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesimpulan

Pada pembelajaran filosofi Pendidikan, dapat saya simpulkan bahwasanya perkembangan Pendidikan di Indonesia mulai zaman kolonial sampai saat...